Ditulis pada tanggal 18 Agustus 2017, oleh Eka Ratri, pada kategori Berita

Program SAME (Scheme for Academic Mobility and Exchange) merupakan salah satu program Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang meliputi kegiatan pengiriman dosen ke perguruan tinggi/institusi penelitian di luar negeri dan mendatangkan dosen/peneliti ke PT dalam negeri. Prinsip dasar kegiatan SAME adalah kesetaraan, kemitraan dan berkesinambungan dalam kerjasama internasional. Program SAME ini dimaksudkan untuk memfasilitasi dosen dalam mengembangkan kemampuan penelitian yang telah dimulai pada saat mengambil program Doktor, memperbaharui bahan ajar dan metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan terbaru di dunia pendidikan internasional, membimbing mahasiswa S3 (PhD joint supervision) terhadap dosen Indonesia yang sedang melanjutkan studinya di luar negeri dalam kerjasama double degree, pemantapan dan peningkatan jejaring kerjasama double degree Master dan Doktor, melakukan joint research dan penulisan karya ilmiah bersama.

Ketua RG LCAMIA, Dr. Hermin Sulistyarti resmi memenangkan program SAME dengan mengikuti seleksi secara nasional. Beliau mendapatkan undangan dari Prof. Spas D Kolev, School of Chemistry, The University of Melbourne untuk menindaklanjuti kerjasama antara RG LCAMIA dengan The University of Melbourne. Dr. Hermin direncanakan akan berangkat pada tanggal 1 September 2017 sampai 30 November 2017 untuk melakukan kolaborasi riset di lab Prof Kolev. Adanya program SAME ini dapat membantu tugas dosen sebagai peneliti untuk meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi.

Pengumuman SAME dapat dilihat pada link berikut: http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2017/07/Pengumuman-SAME-Reguler.pdf