Picture8

Di Indonesia, sistem pengawasan terhadap beredarnya makanan, obat-obatan, kosmetik, pupuk, dan lingkungan, belum menunjukkan kesungguhan atau upaya yang optimal terlihat dari masih banyaknya kasus keracunan makanan,obat-obatan,dan pencemaran lingkungan serta terdapatnya pupuk palsu yang merugikan masyarakat. Hal ini disebabkan antara lain tidak terjangkaunya badan pengawas yang umumnya ada di tingkat propinsi atau di kotamadya, rendahnya pengetahuan masyarakat akan cara analisis, dan ketidakberadaan metode analisis yang cepat, akurat, mudah dan terjangkau.

Alat-alat analisis sederhana (Test kit) yang diharapkan bisa menjembatani masyarakat dan badan pengawas masih belum tersedia dan masih diimpor, sehingga sering kali terjadi keterlambatan penanganan. Disamping itu, teknologi instrumentasi analisis yang dibutuhkan untuk analisis bahan kimia dalam jumlah renik menjadi masalah besar bagi institusi/industri sedang berkembang karena harganya mencapai ratusan juta rupiah dan harus diimpor. Ketidakberadaan instrumentasi ini seringkali memicu rendahnya kemampuan analisis peneliti kita sehingga tidak mampu bersaing secara global. Oleh karena itu, keberadaan pusat pengembangan metode dan alat-alat/instrumentasi analisis sangatlah diperlukan.

Kelompok penelitian LCAMIA sebagai Research Centre for Low Cost and Automated Method and Instrumentation Analysis akhirnya dianggap penting oleh Universitas Brawijaya dan disahkan berdiri sesuai SK Rektor Universitas Brawijaya No. 434/SK/2013 tanggal 2 Juli 2013 tentang Penetapan Pemenang Program Hibah Kompetisi Tema C Universitas Brawijaya Tahun 2013. Program PHK tema C tersebut diperpanjang sesuai kontrak pelaksanaan pekerjaan No.005/PHK/UB/C/Batch I/Kontrak/2014 tanggal 19 Pebruari 2014. Kelompok penelitian ini dibentuk sebagai dorongan untuk mengatasi permasalahan nasional tentang sistem pengawasan keamanan makanan, obat-obatan, kosmetik, pupuk, dan lingkungan yang belum optimal dikarenakan belum tersedianya metode, alat/instrumentasi, dan kemampuan analisis yang memadai. Oleh karena itu, LCAMIA yang merupakan sekumpulan tenaga ahli kimia analitik, farmasi, bahan alam, teknik elektro dan teknik mesin, bertekad untuk menjadi pusat pengembangan penelitian yang berdampak pada penciptaan metode dan alat/instrumentasi analisis kimiawi berbagai bidang tersebut mulai dengan yang murah sampai dengan otomatis. Tercapainya terobosan untuk menciptakan instrumentasi analisis secara mandiri diharapkan dapat sekaligus menekan ketergantungan impor instrumentasi dan mengangkat harkat dan martabat bangsa.