Rencana Strategi :

  1. Peningkatan manajemen penelitian melalui perekrutan tenaga peneliti, pembuatan renstra yang memuat rencana pengembangan jangka pendek, menengah dan panjang, serta dokumen mutu, lengkap dengan tupoksi yang diikuti dengan monev yang berkelanjutan berbasis PDCA (plan, do, check, action). Tersedianya tenaga peneliti yang handal diharapkan mampu mengatasi keterbatasan waktu peneliti dalam melaksanakan penelitian serta penulisan publikasi. Adanya renstra bisa menjadi panduan untuk melaksanakan program dan mencapai target yang telah ditetapkan. Dokumen mutu dan tupoksi bisa menjadi panduan kedisiplinan dan kepatuhan pada aturan yang disepakati, sedangkan monev ditujukan untuk memonitor capaian yang telah direncanakan serta peningkaatan kualitas yang berkelanjutan.
  2. Peningkatan ketersediaan dana untuk kegiatan penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan seminar melalui partisipasi aktif seluruh anggota peneliti dalam pembuatan proposal penelitian/pengabdian/seminar melalui berbagai sumber dana lokal, nasional, maupun internasional.Selain lokakarya, diperlukan upaya peningkatan kepercayaan diri anggota untuk bersaing secara nasional dan international melalui pertemuan rutin.
  3. Peningkatan kualitas penelitian, publikasi, dan paten. Kegiatan ini otomatis mencakup peningkatan sarana dan prasarana laboratorium baik melalui strategi point 2 juga melalui bantuan/kerjasama serta resource sharingdengan pihak luar (industri/institusi) nasional/internasional. Disamping itu, LCAMIA memfasilitasi formatting serta submitting ke jurnal yang diinginkan. Untuk publikasai internasional fasilitas bisa ditambah dengan menggunakan PPIKID-UB untuk review bahasa Inggris beserta teknik penulisan.
  4. Peningkatan mutu SDM melalui magang, training, studi lanjut S3. Semua anggota dan tenaga peneliti didorong untuk berprtisipasi aktif untuk peningkatan dirinya untuk menunjang tercapainya tujuan LCAMIA melalui ke 3 kegiatan tersebut. Anggota yang belum S3 secara bertahap didorong dan difasilitasi untuk studi lanjut sesuai bidang yang sedapat mungkin diarahkan untuk pencapaian tujuan LCAMIA.
  5. Peningkatan suasana/iklim akademik melalui pertemuan rutin untuk membahas kemajuan penelitian dan kebaruan informasi ilmiah, publikasi, diseminasi penelitian/pengabdian, paten dan monev serta perencanaan program dan pendanaan tahun mendatang.